19/10/2024

Month: October 2024

Dorong Ekosistem Kopi Pakuan, Wapres Tanam Pohon Kopi Robusta milik PT RPN-PPKKI secara Simbolis di Bukit Al-Amin

Bogor - Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Rawa Sekon, Rawa Gede, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Minggu (13/10/2024), Wakil Presiden Amin melakukan penanaman secara simbolis pohon kopi Robusta atau Coffea Canephora yang berasal dari PT RPN-Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI).

Hadir dalam acara ini, Founder & Chairman CT Corp, Chairul Tanjung; Wakil Menteri LHK, Alue Dohong; Pj. Bupati Bogor, Bachril Bakri; Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Kementerian LHK, Mahfudz; SEVP Op II PT RPN mewakili Direksi, Misnawi serta Kepala Pusat penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, Dini Astika Sari.

Sementara, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres, Ahmad Erani Yustika; Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan, Suprayoga Hadi; Deputi Bidang Administrasi, Sapto Harjono Wahjoe Sedjati; Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah, Muhammad Imam Aziz, Robikin Emhas, Lukmanul Hakim, Zumrotul Mukaffa, dan Guntur Iman Nefianto.

PT RPN-Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, merupakan center of excellence dari teknologi ini memberikan dukungan teknis dalam mengidentifikasi serta mendiseminasikan teknologi-teknologi praktis yang perlu diadopsi dan diimplementasikan oleh petani kopi Gunung Pakuan. Termasuk di antaranya, PT RPN-PPKKI juga memperkenalkan klon unggul, seperti BP939 dan BP534, untuk meningkatkan produktivitas. Penentuan Klon Kopi Robusta BP939 dan BP534 telah disesuaikan dengan kondisi iklim, topografi maupun kesuburan tanah Gunung Pakuan, Klon ini juga memiliki keunggulan buah yang besar dengan dompolan rapat dan menghasilkan 1-1,5 kg per pohon saat panen. Maka dari itu, jenis klon ini merupakan pilihan tepat dan terbaik untuk di tanam di wilayah Gunung Pakuan.

“Untuk meningkatkan kualitas Kopi yang ada disini, bersama-sama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao di Jember, supaya dilakukan semacam pengelolaan tanaman kopi yang berkualitas dengan bibit yang super sehingga hasilnya akan memadai” ungkap Wapres pada sambutannya.

Program ini juga melibatkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dengan pola pemanfaatan sumber daya hutan yang dikembangkannya melalui skema perhutanan sosial dan agroforestri.

       Lahan seluas 20 hektare, dari total 216 hektare lahan Perhutanan Sosial, dialokasikan khusus untuk penanaman kopi Robusta. Di area sisanya, akan dikombinasikan dengan komoditas lain, seperti durian, alpukat, dan mangga. Paduan ini bertujuan untuk menciptakan pendapatan yang lebih stabil bagi petani, terutama ketika harga kopi mengalami fluktuasi.

Langkah awal ini dapat diartikan sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan ekosistem kopi yang berkelanjutan. Penanaman di Bukit Al-Amin, yang berada pada gugusan Gunung Pakuan yang dikenal sebagai kawasan budi daya kopi tipe Robusta, ini juga menandai langkah konkret pemerintah dalam mendorong pertumbuhan sektor pertanian dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui model Perhutanan Sosial dan agroforestri.

Inisiatif tersebut diharapkan dapat menjadi solusi atas tantangan agronomi serta membawa manfaat kepada semua pihak, kepada bangsa, terutama petani yang akan dilibatkan pada penanaman kopi.

---

Keterangan Lebih Lanjut:

Divisi Sekretariat

PT Riset Perkebunan Nusantara

Ponsel: 0811-1380-3523

Email: rpn@rpn.co.id

Kunjungan Kerja Dinas Perkebunan P2HP dan Staf Khusus Bupati Musi Banyuasin ke Pusat Penelitian Karet – PT Riset Perkebunan Nusantara

Banyuasin, 9 Oktober 2024 - Dinas Perkebunan Musi Banyuasin, Sumatera Selatan yang diwakili oleh staf khusus Bupati dan Kepala Bagian P2HP beserta tim melakukan kunjungan kerja ke Pusat Penelitian Karet – PT Riset Perkebunan Nusantara.

Pertemuan yang berlangsung di Ruang AVROS ini disambut oleh baik oleh manajemen Pusat Penelitian Karet - PT Riset Perkebunan Nusantara, yaitu Kepala Bagian Kebun Produksi dan Percobaan, Risal Ardika beserta jajaran dan para Peneliti.

Pertemuan ini membahas berbagai isu terkait komoditas karet, khususnya yang dihadapi oleh petani karet di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Beberapa poin yang dibahas dalam pertemuan ini antara lain kesiapan Pemerintah Daerah untuk menyediakan alat berat guna replanting karet secara gratis, yang saat ini menunggu kesediaan petani untuk melaksanakan replanting. Selain itu, dibahas pula kemampuan hilirisasi produk seperti lateks pekat, sandal, dan karet gelang yang perlu diperkuat dalam hal pemasarannya.

Kunjungan ini diharapkan dapat membuka peluang kerja sama yang lebih erat antara Dinas Perkebunan Musi Banyuasin dan Pusat Penelitian Karet – PT Riset Perkebunan Nusantara dalam rangka mendukung program-program perkebunan karet yang berkelanjutan di masa mendatang serta tercipta solusi yang inovatif untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani karet di wilayah Musi Banyuasin.

--

Keterangan Lebih Lanjut:

Pusat Penelitian Karet

Telp: +6711 7439493

Ponsel: +6281361215741, +6281368739028

email: ppksembawa@puslitkaret.co.id

PT RPN dan Yunnan Agricultural University Sepakati Jalin Kerja Sama Riset Karet

Bogor, 8 Oktober 2024 – PT Riset Perkebunan Nusantara (PT RPN) menerima kunjungan delegasi China yaitu Du Huabo, Secretary of the Party Committee of College of Tropical Crops Yunnan Agricultural University dan Direktur Eksekutif dan Operasional Julong Group Indonesia, Lei Wenzhong.

Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama riset, khususnya dalam pengembangan komoditas karet. Potensi besar Indonesia dalam budidaya karet menjadi daya tarik utama bagi pihak delegasi.

"Indonesia memiliki lahan tanaman karet yang sangat luas serta didukung dengan sumber daya peneliti RPN yang telah menghasilkan banyak teknologi menjadikan
PT RPN mitra yang sangat potensial untuk berkolaborasi dalam riset karet," ungkap Du Huabo dalam sambutannya.

Selama kunjungan, delegasi China disambut hangat oleh jajaran manajemen
PT RPN, diantaranya SEVP Operation I Tjahjono Herawan, SEVP Operation II Misnawi, Kepala Divisi Operasional Riset Sri Wening, dan Kepala Unit Riset Bogor Getas Imam Susetyo serta beberapa sejumlah peneliti dengan bidang kepakaran komoditas Karet.

Pada kesempatan tersebut Yunnan Agriculture University juga melakukan kunjungan ke fasilitas laboratorium dan pabrik karet untuk mengetahui aktifitas kegiatan riset yang saat ini dilakukan PT RPN.

Keduabelah pihak sepakat untuk menjalin kerjasama saling menguntungkan dalam bidang akademik kerja sama riset yang bermanfaat untuk pengembangan komoditas karet.

---

Keterangan Lebih Lanjut:

Divisi Sekretariat

PT Riset Perkebunan Nusantara

Ponsel: 0811-1380-3523

Email: rpn@rpn.co.id

PT RPN Salurkan Bantuan kepada Korban Gempa Bumi Jawa Barat

Sekretaris Perusahaan PT RPN bersama Kepala Bagian KSU PPTK, Kepala Bagian Usaha PPTK beserta Tim TJSL PT RPN mengabadikan momen bersama warga sekitar yang terdampak dan masih berada di tenda darurat.

Kabupaten Bandung, 1 Oktober 2024 - PT Riset Perkebunan Nusantara yang merupakan anak usaha PTPN III (Persero) melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menunjukkan komitmen tanggung jawab sosialnya dengan memberikan bantuan kepada warga Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung yang terdampak pasca gempa bumi berkekuatan magnitudo 5 skala Richter pada 18 September lalu.

Gempa yang berpusat di darat 24 kilometer tenggara Kabupaten Bandung dengan kedalaman 10 kilometer itu mengakibatkan kerusakan pada sejumlah rumah serta luka berat, sedang hingga ringan yang dialami warga sekitar. Sebagai bentuk kepedulian, PT RPN menyalurkan bantuan berupa sembako maupun dana dari Perusahaan sekaligus donasi dari Karyawan PT Riset Perkebunan Nusantara beserta Ikatan Keluarga Besar Istri (IKBI) PT RPN  yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Perusahaan PT RPN, Henry Prastanto; Kepala Bagian KSU PPTK, Ponirah; Kepala Bagian Usaha PPTK, Heri Syahrian dan Tim TJSL PT Riset Perkebunan Nusantara. Selain menyalurkan bantuan, PT RPN juga membuka posko bantuan di lahan kebun milik perusahaan yang dijadikan tempat pengungsian sementara bagi warga.

Asep, Ketua RT Desa Cibeureum mengapresiasi kepedulian yang diberikan oleh PT RPN “Terima kasih atas bantuan yang telah diberikan. Bantuan ini sangat berarti bagi kami yang saat ini sedang membutuhkan” ungkap Asep.

Henry Prastanto berharap kegiatan ini dapat bermanfaat dan sedikit membantu meringankan beban warga yang terdampak gempa tersebut, “semoga bencana ini segera berlalu sehingga warga dapat beraktifitas normal kembali” tutupnya.

---

Keterangan Lebih Lanjut:

Divisi Sekretariat

PT Riset Perkebunan Nusantara

Ponsel: 0811-1380-3523

Email: rpn@rpn.co.id

HUT PT RPN – PPKS Ke 108 : Berdedikasi Tanpa Henti

Komisaris Utama PT RPN, SEVP Riset, Inovasi & Sustainability  PT RPN, Kepala Pusat Penelitian Kelapa Sawit beserta Jajaran dan IKBI PT RPN-PPKS berfoto bersama saat HUT PT RPN-PPKS ke-108, di Kebun Aek Pancur.

Aek Pancur, 26 September 2024 – PT RPN-Pusat Penelitian Kelapa Sawit memperingati ulang tahun yang ke-108. Acara yang berlangsung meriah di Kebun Pembibitan Aek Pancur, Tanjung Morawa, Deli Serdang, pada Kamis (26/9), menjadi momentum untuk mengapresiasi perjalanan panjang PPKS dalam memajukan industri kelapa sawit nasional. Didirikan pada tahun 1916, PPKS telah berperan penting dalam meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Dengan tema “Berdedikasi Tanpa Henti”, PPKS berkomitmen tidak hanya menghasilkan inovasi melainkan siap menghadapi tantangan kelapa sawit kedepannya.

Komisaris Utama PT RPN, Sjukrianto Yulia; SEVP RIS PT RPN, M. Edwin Syahputra Lubis; Kepala Pusat Penelitian Kelapa Sawit, Winarna; serta Kepala Divisi SDM dan IT PT RPN, Erwinsyah turut hadir dan memberi kata sambutan dalam perayaan ini.

“Dari sinilah riset-riset varites yang dikembangkan dan kita hadirkan tempat HUT PT RPN-PPKS di kebun ini agar kita semua menyatu. Makanya pertimbangan kita buat di kebun Aek Pancur sebagai ujung tombak dan disinilah kita produksi TBS, ada pembibitan dan pohon induk dan lainnya,” ujar Kepala PPKS pada sambutannya.

Dengan perayaan ulang tahun ke-108 ini, harapannya PPKS dapat terus menjadi garda terdepan dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan sektor kelapa sawit nasional melalui riset dan inovasi yang terus berkembang.

Keterangan Lebih Lanjut

PT RPN-Pusat Penelitian Kelapa Sawit
Telp : 061 7862477

Email : admin@iopri.org